Rabu, 21 November 2007

RECYCLE ART TEAM















Diruangan berukuran panjang 8m, lebar 6m, dan tinggi 7m, beratap rumbiah , berdinding ayaman bamboo atau gedek (dalam bahasa Jawa) ini bernama Gazebo. Disinilah empat orang seniman Recycle Art WALHI DIY, menghabiskan waktunya. Perkakas kerja berserakan dimana-mana, palu, paku, bor listrik, gergaji, amplas, kuas, cat dan masih banyak lagi, tergeletak tak beraturan. Angin sepoi-sepoi dan suara dedaunan pohon yang bergerak tertiup angin, membuat suasana tenang tempat itu. Mulailah tangan lembut dari pria bertubuh kekar, berambut gimbal, dengan kumis tipis dan janggut yang tampak takterurus, membasahai permukaan patung pohon yang dibuat nya dari bekas kaleng cat semprot yang di daur ulang sedemikian rupa, dengan cat cair berwarna hijau, membentuk tektur daun, ketiga temanya Mahmud, Adi dan Sukram, juga tampak serius mengerjakan karya seninya masing-masing.
Untuk menghasilkan suatu kerya seni, membutuhkan waktu yang tidak sebentar, tergantung besar bentuk dan tingkat kesulitan pembuatan. Sebagai contoh patung berbentuk pohon, tinggi nya 175cm, diselesaikan dalam waktu dua minggu.
Cara pembuatan karya seni daur ulang, sedikit tidak gampang, pertama-tama harus mengumpulkan kertas bekas dalam bentuk apapun, kemudian dibasahkan lalu diaduk sampai menjadi bubur, lalu mempersiapkan bodi atau rangka yang terbuat dari apapun, contoh kaleng bekas, kemudian bubur kertas tersebut dicampur aduk dengan lem kayu sampai kental, lalu body atau rangka tadi mulai di lapisi, kemudian dikeringkan dipanas matahari atau dalam oven khusus sampai benar-benar kering, setelah kering semen putih dibasahai dan di gunakan untuk melapisi lagi, kemudian dikeringkan lagi, setelah kering kita tinggal mngecat sesuai keinginan kita.
Bebagai barang bekas dapat dijadikan apa saja oleh tangan keempat seniman hebat ini, sampai saat ini mereka telah menghasilkan empat karya seni dan sedang menyelesaikan beberapa karya yang lain, tawaran pameran berkelas internasional pun seang menanti mereka. photo/teks. Ashido aldorio simatupang

2 komentar:

kenarok mengatakan...

shalik!

maju terus!

ikut mendukung dari jauh!

_____________________________

mira joely mengatakan...

wah shalink kweren abiz...